Lintasan Pesawat Terbang
Lintasan Pesawat Terbang
Makalah ini disusun untuk memenuhi Ujian Praktik
mata pelajaran TIK, Bahasa Indonesia dan Mulok PI
Anggota Kelompok :
1.Indartajayadi......................12-IPS3/15
2
Jesson Edricko..................12-IPS3/19
3. Juan
Eric............................12-IPS3/20
4.Kevin
Sadrakh.....................12-IPS3/24
SMA SANTA MARIA SURABAYA
JL. RAYA DARMO 49 SURABAYA
TAHUN 2017
JL. RAYA DARMO 49 SURABAYA
TAHUN 2017
---------------------------------------------------------------------------------
KATA
PENGANTAR
Puji Tuhan kami haturkan kehadapan Allah atas selesainya
makalah Ujian Praktik gabungan tiga mata pelajaran TIK, Bahasa Indonesia dan
Mulok KWU. Makalah ini kami susun kerja bersama anggota TIM dengan tugas yang
berbeda-beda. Penyelesain makalah memerlukan bimbingan dari berbagai pihak
terutama kepada guru pembina. Karena itu kami menyampaikan terimakasih
sebesar-besarnya kepada:
1. Bapak
Ruslan, M.Kom, sebagai guru TIK telah membimbing penulisan program serta
Flowcart
program yang dilampirakan.
program yang dilampirakan.
2. Ibu Christina
Sumawartini,S.Pd. selaku guru
Bahasa Indonesia telah membimbing
penulisan makalah Ujian Praktik ini
penulisan makalah Ujian Praktik ini
3. Bapak
drs. I Ketut Samudra,ST.,M.Pd. selaku guru Mulok KWU telah membimbing
pembuatan
proyek maket Lintasan Pesawat Terbang.
proyek maket Lintasan Pesawat Terbang.
Makalah ini
masih jauh dari sempurna sehingga perlu masukan yang membangun dari pembaca dan
pembina. Sehingga nanti menjadi makalah yang berkualitas dan bermanfaat untuk
pengembangan ilmu pengetahuan.
DAFTAR ISI
Halaman
Sampul
...................................................................................................................
i
Kata
Pengantar ....................................................................................................................
ii
Daftar Isi
.....................................................................................................................
iii
BAB I:
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
.................................................................................................................
1
B. Rumusan
Masalah
..............................................................................................................
1
C. Tujuan
Manfaat
....................................................................................................................1
D. Batasan
istilah
......................................................................................................................1
BAB II
KAJIAN PUSTAKA
A. Lintasan.................................................................................................................................2
B. Pesawat
Terbang
....................................................................................................................2
C. Konsep Berpikir ...................................................................................................................2
C. Konsep Berpikir ...................................................................................................................2
BAB III
PERENCANAAN PEMBUATAN PROYEK
A. Lintasan
Pesawat Terbang
.....................................................................................................2
B. Alat dan
Bahan ......................................................................................................................3
C. Cara
Kerja Proyek Umum
.....................................................................................................3
BAB IV
ANALISIS DATA PROYEK
A.
Spesifikasi Maket
.................................................................................................................4
B. Kinerja
Proyek
......................................................................................................................4
C. Lampiran
Program
................................................................................................................5
BAB V
KESIMPULAN
A.
Kesimpulan
...........................................................................................................................6
B. Kesan dan
Pesan ...................................................................................................................6
Daftar
Pustaka ...........................................................................................................................7
BAB I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Sekarang ini, kreativitas seseorang sangatlah dibatasi
karena semua yang serba diatur dan bermain gadget tanpa memperdulikan sesama.
Karena dengan banyaknya bermain game, kepedulian sosial seseorang juga
terhambat dan terus berkurang tiap harinya. Game merupakan hal yang sangat
mengikat seseorang dan sulit untuk melepaskannya. Tiap hari seseorang rata-rata
bisa menghabiskan kurang lebih 4-5 jam hanya untuk bermain game. Bagi para
remaja, game adalah salah satu cara untuk refreshing dan mengisi waktu jenuh
mereka disaat mereka lelah.
Agar setiap remaja memiliki
kreativitas yang tinggi, kami mengubah dari yang biasanya bermain game, menjadi
bagian dari pembuat game dan memodifikasi agar permainan menjadi semakin
cantik. Kami membuat prototype Lintasan Pesawat Terbang yang lebih indah dengan
menggunakan kreativitas masing – masing dari kelompok kami dan menyatukannya
menjadi satu Lintasan Pesawat Terbang yang lebih indah. Jadi tidak hanya
berperan sebagai pemain, tetapi juga pembuat.
B. Rumusan
Masalah
Rumusan masalah secara
umum adalah :
“Bagaimana cara
menerapkan lintasan pesawat terbang dari game menjadi sebuah maket?”
1. Bagaimana bentuk
lintasan airport dalam bentuk maket?
2. Bagaimana merancang
sistem lampu dan gedung?
3. Bagaimana sistem
pengendalian lampu dan gedung dalam komputer?
C. Tujuan dan Manfaat
Tujuan : Meningkatkan
kreativitas pelajar tetapi tetap enjoy dalam pengerjaan karena merupakan
realisasi dari game yang dimainkan.
Manfaat : Mengolah
ketrampilan siswa dalam berkreasi membuat sebuah permainan menjadi pelajaran.
D. Batasan Istilah
Lintasan Pesawat Terbang adalah
sebuah jalan yang panjang untuk dilewati oleh pesawat terbang menuju ke bandara
lain.
BAB II
Kajian Pustaka
2.1 Pesawat Terbang
Pesawat terbang
atau pesawat udara
adalah mesin atau kendaraan apapun yang mampu terbang di atmosfer atau udara. Pesawat
terbang juga memiliki arti pesawat udara yang lebih berat dari udara, bersayap
tetap, dan dapat terbang dengan tenaganya sendiri. Pesawat terbang juga
memiliki istilah kapal terbang. Pesawat pertama kali diterbangkan oleh Orville Wright dan Wilbur Wright.
2.2
Lintasan
tempat kedudukan
titik-titik yang dilewati zarah atau sistem zarah yang bergerak.
2.3
Kerangka Konsep Berpikir
BAB III
Perencanaan Pembuatan Proyek
3.1 Lintasan Pesawat
Terbang
Lintasan Pesawat terbang
ini masih dalam berupa maket yang terdiri dari satu lintasan pesawat terbang
dengan 2 gedung bandara yang besar dan masing masing gedung terdiri dari 2
lantai. Gedung pertama untuk Domestik dan gedung kedua untuk International. Lantai
pertama untuk foodcourt, pemesanan tiket, dan bagasi. Lantai kedua untuk
boarding pass dan keberangkatan. Bagian luar tempat parkir pesawat yang menjadi
satu dengan lintasan.
3.2 Alat dan Bahan
1. 5 Buah
LED 5mm atau LED 3mm (Warna Bebas)
2. 5 Buah Resistor 100ā¦
Ohm
3. 6 Buah
Kabel Jumper
4. 1 Buah
Protoboard
5. 1 Buah
Arduino
6. Triplek
7. Karton
8. Lem
Tembak
9. Isolasi
10.
Aksesoris (Gedung, mobil, pesawat, dll)
3.3 Cara
kerja proyek umum
Gedung-gedung akan menyala pada saat
malam hari untuk menjadi sebuah bangunan indah yang lebih terang dan lampu
lintasan akan menyala sebagai tanda jalan bagi pesawat yang akan lepas landas
maupun datang. Lampu diujung gedung juga menjadi signal untuk jalan lintasan
pesawat.
BAB IV
Analisis Data Proyek
4.1 Spesifikasi Maket
Spesifikasi maket ini
dirancang dalam bentuk ukuran yang lebih kecil :
·
Luas Area : 70 x 65 cm
·
Luas Bangunan : 35 x 65 cm
·
Perbandingan maket
: 1 : 10.000
·
Panjang bangunan : 60 cm
·
Lebar bangunan : 35 cm
· Alas Triplek dan
karton plastik : 76x65 cm
tebal 5mm
· Bahan dinding dan
Apat
: Karton tebal 2mm
· Lem alteco
· Spesifikasi Alat
Listrik
· Mikontroller Type
Atmega328
· Lampu LED, 1/4
watt, 2 vol
· Resistor Gip 1/2
watt nilai 220 Ohm
· Sensor PIR
·
Timah ukuran 40 x
60
·
Tombol On Off
4.2
Kinerja Proyek
A.
Kelebihan Proyek
Proyek
ini dapat mensimulasi prototype dari “mini” bandara dan dapat mengetahui
lintasan yang diperlukan dan juga arah mana yang harus diikuti oleh pesawat.
Maket ini akan terlihat indah saat lampu LED dinyalakan. Menunjukkan kepada
orang umum gambaran kurang lebih dari bandara.
B.
Kekurangan Proyek
Maket
ini akan mudah rusak karena bahan yang digunakan dalam pembuatan dari karton.
Tidak seperti yang ada dimall, maket ini hanya mampu bertahan kurang lebih 2
minggu. Tidak banyak properti dan aksesoris yang dapat dicantumkan dalam maket
ini karena kurang kuat.
4.3
Lampiran Program
// Lampu LED
Berjalan Menggunakan Arduino UNO
//
Menyalakan LED dengan Aktif HIGH
void setup()
{
pinMode(0, OUTPUT);
pinMode(1, OUTPUT);
pinMode(2, OUTPUT);
pinMode(3, OUTPUT);
pinMode(4, OUTPUT);
// menjadikan PIN 0, 1, 2, 3, dan 4
sebagai OUTPUT
}
void loop()
{
//menyala secara bergilir
digitalWrite(0, HIGH);
digitalWrite(1, LOW);
digitalWrite(2, LOW);
digitalWrite(3, LOW);
digitalWrite(4, LOW);
delay(1000);
digitalWrite(0, LOW);
digitalWrite(1, HIGH);
digitalWrite(2, LOW);
digitalWrite(3, LOW);
digitalWrite(4, LOW);
delay(1000);
digitalWrite(0, LOW);
digitalWrite(1, LOW);
digitalWrite(2, HIGH);
digitalWrite(3, LOW);
digitalWrite(4, LOW);
delay(1000);
digitalWrite(0, LOW);
digitalWrite(1, LOW);
digitalWrite(2, LOW);
digitalWrite(3, HIGH);
digitalWrite(4, LOW);
delay(1000);
digitalWrite(0, LOW);
digitalWrite(1, LOW);
digitalWrite(2, LOW);
digitalWrite(3, LOW);
digitalWrite(4, HIGH);
delay(1000);
}
BAB V
Kesimpulan
5.1
Kesimpulan
Saat ini generasi muda telah dijajah
dengan adanya gadget yang merajalela. Dengan adanya proyek ini, siswa dituntut
untuk berkerja sama dalam merealisasikan game yang mereka mainkan menjadi
sebuah maket yang indah dan bermanfaat bagi umum. Dengan adanya maket ini, bisa
menjadi sebuah saran untuk menambahkan hal hal yang masih kurang didalam
airport tersebut dimasa yang akan datang.
5.2
Kesan dan Saran
Kesan
: Karena adanya proyek maket ini, kami sekelompok juga secara tidak sadar tidak
mementingkan gadget nya masing masing. Kami bersosialisasi satu sama lain untuk
mencapa suatu maket yang berhasil dan memiliki hubungan yang lebih akrab satu
sama lain. Kami sekelompok diajarkan untuk bagaimana caranya bekerja sama,
bertukar pikiran satu sama lain untuk mengerjakan proyek.
Saran
: Dalam ujian praktek, akan lebih baik bila banyak dibimbing oleh guru yang
bersangkutan, kemudian boleh untuk tidak menggunakan arduino sehingga dapat
mengembangkan sistem yang akan dituangkan kedalam maket.
DAFTAR PUSTAKA
Aldhi, Muhhamad.
(2015). Membuat LED berjalan. Diakses
pada http://www.warriornux.com/membuat-lampu-led-berjalan-menggunakan-arduino-uno/ pada 1 November 2017 pada pukul
19.10 WIB
Wikipedia. (2010). Pesawat Terbang. Diakses pada https://id.wikipedia.org/wiki/Pesawat_terbang pada 1 November 2017 pada pukul
19.30 WIB
KBBI. (2010). Lintasan. Diakses pada https://www.kbbi.web.id/lintas pada 1 November 2017 pada pukul
19.35 WIB
Oke, bagus! Nilai:75. Lanjutkan. Nama guru bhs indonesia bu Christina Sumawartini,S.Pd. Guru tik Bapak Ruslan,M.Kom! Mohon diganti
ReplyDeleteOke, bagus! Nilai:75. Lanjutkan. Nama guru bhs indonesia bu Christina Sumawartini,S.Pd. Guru tik Bapak Ruslan,M.Kom! Mohon diganti
ReplyDeleteBagus, 90
ReplyDeleteBagus, 90
ReplyDelete