Lintasan Pesawat Terbang



Lintasan Pesawat Terbang
Makalah ini disusun untuk memenuhi Ujian Praktik 
mata pelajaran TIK, Bahasa Indonesia dan Mulok PI



https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEitbjgGAAvNmFvmNJF_2rxcWivDuzZwbYhM6VhkmFIhvcPfC7BdtLJ_62IVd6QpPLgqtuYRu8Oo4-zJPPz1W-HuFL-WUMkG0QZ5Q_kHRug17YMdfJPyN4dZfTlMVbHGyseXB9gYi9gSPNGe/s200/serviam.jpg


                               

Anggota Kelompok :
                                                                   1.Indartajayadi......................12-IPS3/15
                                                                   2  Jesson Edricko..................12-IPS3/19
                                                                   3. Juan Eric............................12-IPS3/20
                                                                   4.Kevin Sadrakh.....................12-IPS3/24



SMA SANTA MARIA SURABAYA
JL. RAYA DARMO 49 SURABAYA
TAHUN 2017


---------------------------------------------------------------------------------




KATA PENGANTAR

        Puji Tuhan kami haturkan kehadapan Allah atas selesainya makalah Ujian Praktik gabungan tiga mata pelajaran TIK, Bahasa Indonesia dan Mulok KWU. Makalah ini kami susun kerja bersama anggota TIM dengan tugas yang berbeda-beda. Penyelesain makalah memerlukan bimbingan dari berbagai pihak terutama kepada guru pembina. Karena itu kami menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada:
1. Bapak Ruslan, M.Kom, sebagai guru TIK telah membimbing penulisan program serta Flowcart    
    program yang dilampirakan.
2. Ibu Christina Sumawartini,S.Pd. selaku guru Bahasa Indonesia telah membimbing
    penulisan makalah Ujian Praktik  ini
3. Bapak drs. I Ketut Samudra,ST.,M.Pd. selaku guru Mulok KWU telah membimbing pembuatan
    proyek maket Lintasan Pesawat Terbang.
Makalah ini masih jauh dari sempurna sehingga perlu masukan yang membangun dari pembaca dan pembina. Sehingga nanti menjadi makalah yang berkualitas dan bermanfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan.


DAFTAR ISI

Halaman Sampul ...................................................................................................................   i
Kata Pengantar    ....................................................................................................................  ii
Daftar Isi             .....................................................................................................................  iii
BAB I: PENDAHULUAN
A. Latar Belakang  .................................................................................................................   1
B. Rumusan Masalah ..............................................................................................................  1
C. Tujuan Manfaat ....................................................................................................................1
D. Batasan istilah ......................................................................................................................1
BAB II KAJIAN PUSTAKA
A. Lintasan.................................................................................................................................2
B. Pesawat Terbang ....................................................................................................................2
C. Konsep Berpikir  ...................................................................................................................2
BAB III PERENCANAAN PEMBUATAN PROYEK
A. Lintasan Pesawat Terbang .....................................................................................................2
B. Alat dan Bahan ......................................................................................................................3
C. Cara Kerja Proyek Umum .....................................................................................................3
BAB IV ANALISIS DATA PROYEK
A. Spesifikasi Maket .................................................................................................................4
B. Kinerja Proyek ......................................................................................................................4
C. Lampiran Program ................................................................................................................5
BAB V KESIMPULAN
A. Kesimpulan ...........................................................................................................................6
B. Kesan dan Pesan ...................................................................................................................6
Daftar Pustaka ...........................................................................................................................7



BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
         
Sekarang ini, kreativitas seseorang sangatlah dibatasi karena semua yang serba diatur dan bermain gadget tanpa memperdulikan sesama. Karena dengan banyaknya bermain game, kepedulian sosial seseorang juga terhambat dan terus berkurang tiap harinya. Game merupakan hal yang sangat mengikat seseorang dan sulit untuk melepaskannya. Tiap hari seseorang rata-rata bisa menghabiskan kurang lebih 4-5 jam hanya untuk bermain game. Bagi para remaja, game adalah salah satu cara untuk refreshing dan mengisi waktu jenuh mereka disaat mereka lelah.
            Agar setiap remaja memiliki kreativitas yang tinggi, kami mengubah dari yang biasanya bermain game, menjadi bagian dari pembuat game dan memodifikasi agar permainan menjadi semakin cantik. Kami membuat prototype Lintasan Pesawat Terbang yang lebih indah dengan menggunakan kreativitas masing – masing dari kelompok kami dan menyatukannya menjadi satu Lintasan Pesawat Terbang yang lebih indah. Jadi tidak hanya berperan sebagai pemain, tetapi juga pembuat. 

B. Rumusan Masalah
Rumusan masalah secara umum adalah :
“Bagaimana cara menerapkan lintasan pesawat terbang dari game menjadi sebuah maket?”
1. Bagaimana bentuk lintasan airport dalam bentuk maket?
2. Bagaimana merancang sistem lampu dan gedung?
3. Bagaimana sistem pengendalian lampu dan gedung dalam komputer?

C. Tujuan dan Manfaat
Tujuan : Meningkatkan kreativitas pelajar tetapi tetap enjoy dalam pengerjaan karena merupakan realisasi dari game yang dimainkan.
Manfaat : Mengolah ketrampilan siswa dalam berkreasi membuat sebuah permainan menjadi pelajaran.

D. Batasan Istilah
Lintasan Pesawat Terbang adalah sebuah jalan yang panjang untuk dilewati oleh pesawat terbang menuju ke bandara lain.

BAB II
Kajian Pustaka

2.1 Pesawat Terbang
Pesawat terbang atau pesawat udara adalah mesin atau kendaraan apapun yang mampu terbang di atmosfer atau udara. Pesawat terbang juga memiliki arti pesawat udara yang lebih berat dari udara, bersayap tetap, dan dapat terbang dengan tenaganya sendiri. Pesawat terbang juga memiliki istilah kapal terbang. Pesawat pertama kali diterbangkan oleh Orville Wright dan Wilbur Wright.


2.2 Lintasan
tempat kedudukan titik-titik yang dilewati zarah atau sistem zarah yang bergerak.

2.3 Kerangka Konsep Berpikir




















Text Box:           Mulai
Flowchart: Process: Arduino
Rectangle: Rounded Corners: LED Berjalan Berurutan

















Rectangle: Rounded Corners: Lintasan, Gedung Airport


Flowchart: Process: Tombol On/Off







BAB III
Perencanaan Pembuatan Proyek
3.1 Lintasan Pesawat Terbang
         Lintasan Pesawat terbang ini masih dalam berupa maket yang terdiri dari satu lintasan pesawat terbang dengan 2 gedung bandara yang besar dan masing masing gedung terdiri dari 2 lantai. Gedung pertama untuk Domestik dan gedung kedua untuk International. Lantai pertama untuk foodcourt, pemesanan tiket, dan bagasi. Lantai kedua untuk boarding pass dan keberangkatan. Bagian luar tempat parkir pesawat yang menjadi satu dengan lintasan.

3.2 Alat dan Bahan
1. 5 Buah LED 5mm atau LED 3mm (Warna Bebas)
2. 5 Buah Resistor 100ā„¦ Ohm
3. 6 Buah Kabel Jumper
4. 1 Buah Protoboard
5. 1 Buah Arduino
6. Triplek
7. Karton
8. Lem Tembak
9. Isolasi
10. Aksesoris (Gedung, mobil, pesawat, dll)

3.3 Cara kerja proyek umum
         Gedung-gedung akan menyala pada saat malam hari untuk menjadi sebuah bangunan indah yang lebih terang dan lampu lintasan akan menyala sebagai tanda jalan bagi pesawat yang akan lepas landas maupun datang. Lampu diujung gedung juga menjadi signal untuk jalan lintasan pesawat.
BAB IV
Analisis Data Proyek
4.1 Spesifikasi Maket
Spesifikasi maket ini dirancang dalam bentuk ukuran yang lebih kecil :
·       Luas Area                   : 70 x 65 cm
·       Luas Bangunan           : 35 x 65 cm
·       Perbandingan maket   : 1 : 10.000
·       Panjang bangunan      : 60 cm
·       Lebar bangunan          : 35 cm
·       Alas Triplek dan karton plastik          : 76x65 cm tebal 5mm
·       Bahan dinding dan Apat                     : Karton tebal 2mm
·       Lem alteco
·       Spesifikasi Alat Listrik 
·       Mikontroller Type Atmega328
·       Lampu LED, 1/4 watt, 2 vol
·       Resistor Gip 1/2 watt nilai 220 Ohm
·       Sensor PIR
·       Timah ukuran 40 x 60
·       Tombol On Off 

    4.2 Kinerja Proyek
A. Kelebihan Proyek
Proyek ini dapat mensimulasi prototype dari “mini” bandara dan dapat mengetahui lintasan yang diperlukan dan juga arah mana yang harus diikuti oleh pesawat. Maket ini akan terlihat indah saat lampu LED dinyalakan. Menunjukkan kepada orang umum gambaran kurang lebih dari bandara.
B. Kekurangan Proyek
Maket ini akan mudah rusak karena bahan yang digunakan dalam pembuatan dari karton. Tidak seperti yang ada dimall, maket ini hanya mampu bertahan kurang lebih 2 minggu. Tidak banyak properti dan aksesoris yang dapat dicantumkan dalam maket ini karena kurang kuat.

4.3 Lampiran Program
// Lampu LED Berjalan Menggunakan Arduino UNO
// Menyalakan LED dengan Aktif HIGH
void setup()
{
pinMode(0, OUTPUT);
pinMode(1, OUTPUT);
pinMode(2, OUTPUT);
pinMode(3, OUTPUT);
pinMode(4, OUTPUT);
// menjadikan PIN 0, 1, 2, 3, dan 4 sebagai OUTPUT
}
void loop()
{
//menyala secara bergilir
digitalWrite(0, HIGH);
digitalWrite(1, LOW);
digitalWrite(2, LOW);
digitalWrite(3, LOW);
digitalWrite(4, LOW);
delay(1000);
digitalWrite(0, LOW);
digitalWrite(1, HIGH);
digitalWrite(2, LOW);
digitalWrite(3, LOW);
digitalWrite(4, LOW);
delay(1000);
digitalWrite(0, LOW);
digitalWrite(1, LOW);
digitalWrite(2, HIGH);
digitalWrite(3, LOW);
digitalWrite(4, LOW);
delay(1000);
digitalWrite(0, LOW);
digitalWrite(1, LOW);
digitalWrite(2, LOW);
digitalWrite(3, HIGH);
digitalWrite(4, LOW);
delay(1000);
digitalWrite(0, LOW);
digitalWrite(1, LOW);
digitalWrite(2, LOW);
digitalWrite(3, LOW);
digitalWrite(4, HIGH);
delay(1000);
}

BAB V  
Kesimpulan
5.1 Kesimpulan
      Saat ini generasi muda telah dijajah dengan adanya gadget yang merajalela. Dengan adanya proyek ini, siswa dituntut untuk berkerja sama dalam merealisasikan game yang mereka mainkan menjadi sebuah maket yang indah dan bermanfaat bagi umum. Dengan adanya maket ini, bisa menjadi sebuah saran untuk menambahkan hal hal yang masih kurang didalam airport tersebut dimasa yang akan datang.

5.2 Kesan dan Saran
Kesan : Karena adanya proyek maket ini, kami sekelompok juga secara tidak sadar tidak mementingkan gadget nya masing masing. Kami bersosialisasi satu sama lain untuk mencapa suatu maket yang berhasil dan memiliki hubungan yang lebih akrab satu sama lain. Kami sekelompok diajarkan untuk bagaimana caranya bekerja sama, bertukar pikiran satu sama lain untuk mengerjakan proyek.

Saran : Dalam ujian praktek, akan lebih baik bila banyak dibimbing oleh guru yang bersangkutan, kemudian boleh untuk tidak menggunakan arduino sehingga dapat mengembangkan sistem yang akan dituangkan kedalam maket.

DAFTAR PUSTAKA

Aldhi, Muhhamad. (2015). Membuat LED berjalan. Diakses pada http://www.warriornux.com/membuat-lampu-led-berjalan-menggunakan-arduino-uno/ pada 1 November 2017 pada pukul 19.10  WIB
Wikipedia. (2010). Pesawat Terbang. Diakses pada https://id.wikipedia.org/wiki/Pesawat_terbang pada 1 November 2017 pada pukul 19.30 WIB
KBBI. (2010). Lintasan. Diakses pada https://www.kbbi.web.id/lintas pada 1 November 2017 pada pukul 19.35 WIB

Comments

  1. Oke, bagus! Nilai:75. Lanjutkan. Nama guru bhs indonesia bu Christina Sumawartini,S.Pd. Guru tik Bapak Ruslan,M.Kom! Mohon diganti

    ReplyDelete
  2. Oke, bagus! Nilai:75. Lanjutkan. Nama guru bhs indonesia bu Christina Sumawartini,S.Pd. Guru tik Bapak Ruslan,M.Kom! Mohon diganti

    ReplyDelete

Post a Comment